Ketika AC Rusak Ini Hal Pertama Yang Harus Anda Lakukan Namun Sebaiknya Anda Melakukan Instalasi AC central

Interior Rumah

Tidak sedikit orang yang bergantung pada air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan untuk mendapatkan kenyamanan di rumah. Namun karena penggunaan atau pengoperasian yang kurang tepat, AC bisa menjadi tidak berfungsi dengan baik. Ada beberapa penyebab yang membuat AC rusak. Salah satunya adalah kebocoran pada freon. Tapi jika anda telah melakukan instalasi AC central anda tidak perlu repot.

Biasanya freon bocor akibat pipa saluran yang mengalirkan udara dingin keluar tersumbat debu, atau kendurnya sambungan instalasi pipa. Penyebab lainnya adalah kapasitor atau kondensator yang bermasalah. Kondensator berfungsi menyimpan energi dan menjadi tempat pelepasan panas pada sistem AC. Jika kondensator rusak, maka AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin.

Kompresor yang aus dan berkarat juga merupakan penyebab umum kerusakan AC. Biasanya terjadi pada AC yang sudah lama dipakai, sekitar 5-1- tahun. Jika sudah terjadi karat pada kompresor maka bisa berimbas pada sistem lainnya dalam AC.

Ketika AC rusak, bocor atau tak mengeluarkan udara dingin, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan bertambah parah sebelum memanggil teknisi ke rumah. Atau, mungkin bisa Anda perbaiki sendiri jika memungkinkan.

1. Membersihkan AC
Hal pertama yang bisa dilakuka ketika AC tidak menyala atau tidak mengeluarkan angin dingin adalah membersihkannya dari segala kotoran. Debu yang menumpuk biasanya membuat freon tersumbat dan bocor, atau kipas tidak berputar dengan sempurna. Namun apabila AC masih juga rusak, sebaiknya sewa jasa teknisi karena kemungkinan masalahnya lebih serius yang berkaitan dengan sistem AC.

2. Cek Kondisi Kipas
Setelah dibersihkan, cobalah menyalakannya kembali dan jika sudah berfungsi normal, maka tidak perlu memanggil teknisi. Jika AC telah bersih tapi tidak juga bisa menyejukkan ruangan, Anda bisa memeriksa kipas di bagian luar.

Nyalakan AC, lalu lihat apakah kipas AC berputar normal, putarannya lemah atau tidak berputar sama sekali. Jika tak bisa berputar cobalah memeriksa kabel atau kompresor apakah ada yang putus atau terbakar. Sebelum memeriksanya, pastikan Anda telah mematikan AC untuk mencegah korsleting atau tersengat listrik.

3.Periksa Keseluruhan
Jika kipas angin menyala namun kompresor tidak bekerja, cobalah memeriksa kabel dan soket listrik pada bagian luar AC. Cek apakah ada bagian kabel atau soket yang rusak. Cek juga remote control untuk memastikan mode yang dipilih sudah tepat. Kipas dan kompresor akan berfungsi apabila remote control diatur dalam mode ‘Cool’ atau ‘Auto’.

Cara terakhir ini cukup simpel dan mungkin terkesan sepele, tapi perlu juga diperhatikan. Periksalah sambungan kabel listrik antara bagian dalam dan luar AC. Tak menyalanya AC bisa jadi karena ada sambungan yang lepas atau kendur.

Jika tiga cara telah dilakukan dan AC tak juga menyala, maka sudah saatnya Anda memerlukan bantuan teknisi. Jangan biarkan AC rusak terlalu lama karena perbaikannya akan lebih sulit dan memakan lebih banyak biaya.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Interior Rumah
Manfaat Menggunakan AC Dan Instalasi AC Central

Di musim kemarau seperti ini, kita tak bisa jauh dari pendingin ruangan. Sejatinya, ada bahaya di balik penggunaan pendingin ruangan. Keluhan asma, alergi memburuk, sakit kepala, hidung berair dan kelelahan mungkin saja disebabkan oleh penggunaan AC. Untuk perkantoran atau gedung sebaiknya anda gunakan instalasi AC Central.

Interior Rumah
10 Cara Agar Rumah Sejuk Plus Kontraktor AC Medan

Indonesia dikenal sebagai negara tropis. Saat musim kemarau, cuaca akan terasa lebih terik. Banyak orang kemudian memilih memasang pendingin udara atauĀ air conditionerĀ (AC) supaya ruangan lebih sejuk dan nyaman. Nah jika anda ingin memasang AC pastikan AC anda di pasang oleh ahlinya yang sudah lama berkecimpung di bidang ini seperti Kontraktor …

Interior Rumah
Wallpaper Dinding Medan Untuk Membuat Kamar Anak Makin Gaya

Salah satu hal yang dilakukan oleh orang tua untuk menjadikan sang anak agar tetap betah di rumah sangatlah banyak hal yang bisa anda lakukan sebagai orang tua, salah satunya adalah melakukan perubahan pada kamar anak anda tersebut dan untuk ini anda bisa melakukannya dengan memasang wallpaper dinding Medan contohnya.